Rabu, 11 Januari 2017

PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK SD

Era globalisasi merupakan jaman dimana segala sesuatunya terbuka, dapat diakses oleh semua pihak, sehingga semua orang akan memperoleh informasi apapun di dunia ini tanpa batasan. Dan kebebasan memperoleh informasi tersebut tidak terkungkung dalam satu sektor atau bidang dalam kehidupan manusia saja, melainkan dalam segala sektor kehidupan manusia. Di dalamnya juga terkait sektor pendidikan. 

Terkait dunia pendidikan, maka semua orang memiliki hak yang sama memperoleh informasi kemajuan bidang ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Karena itu sekolah melalui gurunya harus bisa menyajikan informasi tersebut secara luas. Guru bisa memberikan ilmu yang dimilikinya kepada muridnya maupun masyarakat luas melalui beberapa media. Bisa disampaikan melalui media cetak maupun elektronik yang dewasa ini selalu berkembang. Keprofesionalan guru dapat ditunjukkan dalam berkreasi atau berinovasi guna menyampaikan materi atau ilmu yang dikuasainya. 

Penggunaan media visual dalam pembelajaran sangat menarik perhatian siswa. Siswa banyak yang bosan dengan gaya guru penceramah dan tegang. Guru yang baik dan memiliki 4 kompetensi keguruan akan selalu berinovasi menciptakan model pembelajaran yang menarik agar informasi yang disampaikannya dapat mudah diterima murid atau masyarakat. 4 Kompetensi tersebut yaitu kompetensi Paedagogik (memahami karakter siswa dan makna pembelajaran), kompetensi Pribadi (arif, bijaksana, berwibawa, dewasa,dan berakhlak mulia), kompetensi Profesional (mampu berkarya positif demi kemajuan dunia pendidikan, bertindak profesional sesuai TUPOKSI), dan kemampuan Sosial (memiliki kemampuan berkomunikasi secara baik/bijak dengan murid/masyarakat, adaptif terhadap perkembangan yang terjadi di sekitarnya). 4 kompetensi tersebut dapat digunakan guru sebagai dasar menyajikan pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan dengan membuat media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif mampu merangsang guru untuk selalu berinovasi, dan yang utama membuat siswa lebih aktif sebagai subyek pembelajaran. 

Agar anda (para guru yang ingin selalu berinovasi) mudah, tidak terlalu repot dalam menyampaikan materi secara interaktif, berikut ini saya sajikan beberapa file pembelajaran interaktif berformat flash, maupun power point. Selain itu saya juga memiliki tujuan mempermudah orang tua bahkan siswa dalam mempelajari materi secara singkat, mudah dipahami, dan menarik. 

Harapan saya, semoga file yang saya sajikan (berasal dari kreasi saya sendiri dan hasil mengumpulkan di beberapa situs internet) dapat bermanfaat dan memotivasi. Memotivasi siswa belajar aktif, memotivasi guru berkreasi, dan memotivasi orang tua membimbing putra/putrinya mencapai hasil maksimal yang diharapkan.

Maaf, sementara file banyak berkutat di SD kelas atas. Anda dapat mendownloadnya di sini dengan gratis.

Bahasa Indonesia 

PKn

IPA

Matematika

IPS
Lainnya tunggu ya .... di postingan berikutnya!!!!
Terima kasih. Jangan lupa di subscribe ya... atau berikan komentarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar